phone 0821-1631-7763

email smpplusag@gmail.com

Mapel Agama Islam Jadi ciri khas SMP Plus Al-Ghifari

INFO HUMAS YAYASAN AL-GHIFARI – Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Plus Al-Ghifari Kota Bandung melaksanakn Ujian Ciri Khas Keagamaan, selama 4 hari mulai hari Senin hingga Kamis, 1 – 4 Maret 2021, secara virtual.


“Pelaksanaan ujian ciri khas hari pertama sampai hari ketiga Alhamdulillah berjalan lancar, tertib sesuai rencana. Ya meskipun di suasana masa pandemi Covid-19,” ungkap Kepala SMP Plus Al-Ghifari, Nandang Sutiana, S.Pd.I, Rabu (3/3/2021).


Nandang Sutiana mengatakan ujian diikuti oleh sebanyak 136 siswa dari kelas IX. Ada 5 mata pelajaran (mapel) ciri khas ke Al-Ghifarian dalam ujian tersebut, antara lain Al-Qur’an Hadits, Tahfiz Al-Qur’an, Fiqih Ibadah, Akidah Akhlaq dan Bahasa Arab.


Tujuan dari ujian, kata Ustadz Nandang adalah sebagai tolak ukur apa yang telah diajarkan selama lima semester dan paling tidak menjadi bekal untuk menghadapi kehidupan mereka di masyarakat (life skill).


“Selain itu, agar siswa memperoleh nilai yang layak untuk menjadi pertimbangan kelulusan dari SMP Plus Al-Ghifari,” katanya.


Kepala Sekolah yang didampingi Wakasek Kesiswaan Yusi Istiastri, S.P., M.I.L mengutarakan pihaknya optimis, siswa SMP Plus Al-Ghifari lulus semua dalam ujian kali ini. Pasalnya, para siswa selama ini selalu menorehkan banyak prestasi untuk sekolah di bidang akademik maupun non akademik.


“Insya Allah semua peserta didik bisa lulus dengan nilai yang memuaskan,” harapnya.


Nandang juga menegaskan mata pelajaran keagamaan (Islam) menjadi salah satu penilaian kenaikan kelas dan kelulusan di SMP Plus Al-Ghifari. Bahkan mata pelajaran keagamaan porsinya lebih banyak dari mata pelajaran umum, yaitu kurikulum ciri khas keagamaan (ke Al-Ghifarian) dan hidden kurikulum (tadarus yaumiyah, muhadarah, pemahaman kitab, dzikir doa).


“Mapel keagamaan Islam sejak tahun berdiri SMP Plus Al-Ghifari yaitu tahun 1998 sudah menjadi ciri khas sekolah kami,” pungkas Nandang Sutiana, S.Pd.I, di kampus SMP Plus Al-Ghifari, Jalan Inspeksi Pengairan No. 23, Cisaranten Kulon, Kecamatan Arcamanik, Bandung.