phone 0821-1631-7763

email smpplusag@gmail.com

wisuda tahfizh


INFO HUMAS YAYASAN AL-GHIFARI – Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) adalah salah satu program kerja nawacita dalam Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM). Penguatan karakter bangsa dianggap perlu dilakukan untuk mempersiapkan generasi emas tahun 2045. Sebelum ada program PPK, pendidikan karakter sebenarnya telah diimplementasikan dalam kegiatan sekolah.

“Jadi, perlu ada penguatan yang diberikan oleh sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan karakter”, kata Dr. H. Tom Maskun, M.Pd, Ketua Pengurus Yayasan Al-Ghifari, di kampus SMP Plus Al-Ghifari, Jalan Inspeksi Pengairan No. 23, Cisaranten Kulon, Arcamanik, Bandung usai menghadiri Wisuda Tahfidz Al-Qur’an secara online dan offline terbatas siswa kelas IX SMP Plus Al-Ghifari, Kamis (17/6/2021).

Lebih jauh Dr. Tom Maskun mengungkapkan tujuan Pendidikan Nasional yang tertuang dalam Undang-Undang no 20 tahun 2003 pasal 3 adalah pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

“Inti dari isi dari Undang-Undang no 20 tahun 2003 pasal 3 adalah membentuk karakter diri pada siswa yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT”, ujarnya.

Hal ini, lanjut Dr. Tom Maskun selaras dengan 4 program Al-Ghifari Masagi yakni, luhung elmuna (luas pengetahuan dan wawasannya), jembar budayanya (bangga dengan budaya Sunda), pengkuh agamanya (memiliki pemahaman agama Islam yang kuat, dan konsekwen dalam menjalankan nilai-nilai agama Islam), dan wirausaha (enterpreneur), memiliki jiwa wirausaha (terampil berbisnis dan menumbuhkan jiwa kreatif).

“Alhamdulillah, SMP Plus Al-Ghifari melalui program Manhaj Muraja’ah Tahfidz Al-Qur’an sudah mampu mengimplementasikan penguatan pendidikan karakter (PPK) dan sejalan dengan program Al-Ghifari Masagi”, katanya.

Manhaj Muraja’ah Tahfidz Al-Qur’an yang diterapkan di SMP Plus Al-Ghifari membuktikan adanya keinginan dan komitmen yang kuat guna mencetak peserta didik dan lulusan yang berkarakter yaitu pribadi yang kuat, cinta terhadap Al-Qur’an dan taat terhadap ajaran agama.

“Selamat untuk SMP Plus Al-Ghifari yang telah mewisuda 29 orang peserta didik kelas IX melalui kegiatan Wisuda Tahfidz Al-Qur’an Angkatan ke-1”, pungkasnya.